Home » , » 7 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Pada Saat Haid

7 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Pada Saat Haid

Jadi Seru — Tahu gak sih? Haid atau menstruasi merupakan perubahan fisiologis yang akan dialami setiap perempuan setiap bulan, 12 kali dalam setahun. Sebagai bagian dari proses reproduksi, menstruasi tidak sekedar datang menyapa lalu pergi begitu saja. 

7 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Pada Saat Haid

Tentunya banyak di antara kita yang harus melewati beberapa penderitaan saat menstruasi, terutama di hari pertama sampai kedua. Selain perubahan mood, mayoritas kaum perempuan mengalami nyeri dan masalah kesehatan yang berbeda ketika menstruasi datang.

CARA MENGATASI NYERI HAID
Masalah nyeri haid ini memang paling sering dialami seperti, kram pada perut bagian bawah, mual, muntah, demam, menggigil, tubuh jadi nggak fit dan pegal-pegal. Rasa sakit dan nyeri itulah yang bikin kita gampang hilang konsentrasi, jadi nggak heran juga kalau banyak aktivitas yang terganggu selama masa menstruasi.
Untuk mengurangi dan mengatasi nyeri haid biar enggak sampai mengganggu aktivitas, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Konsultasi ke Dokter
Kalau cara di atas ini masih juga tidak bisa membantumu meredakan rasa nyeri saat menstruasi, segera konsultasikan dengan dokter. Walaupun nyeri haid dialami hampir semua kaum perempuan dan merupakan hal yang wajar, beberapa nyeri yang sangat mengganggu bisa menjadi gejala awal masalah organ reproduksi. Pemeriksaan oleh ahli kesehatan sangat diperlukan untuk mencari apa penyebab nyeri yang kamu alami.

2. Minuman Hangat
Mungkin kamu tentu telah membuktikannya, kalau dengan minum minuman hangat sedikitnya rasa nyeri atau sakit jadi berkurang. Jahe hangat atau sup bening hangat bisa jadi pilihan terbaik nih buat kamu.

3. Olahraga Ringan
Saat menstruasi datang dan tubuh enggak fit, olahraga ringan dapat mengatasi masalah tersebut. Olahraga ringan seperti berjalan atau senam yang dilakukan sebelum dan selama menstruasi dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh lebih segar.

4. Kompres Perut
Nyeri atau kram pada perut dapat berkurang dengan mengompresnya dengan air hangat. Kamu bisa pakai alat kompres khusus atau menggunakan handuk yang telah direndam air hangat dan diperas.

5. Minum Jamu
Negara kita Indonesia memiliki warisan bahan-bahan alami yang bisa membantumu mengurangi nyeri saat menstruasi. Jamu kunyit asam dapat membuat tubuh segar dan fit selama menstruasi. Akan lebih baik kalau jamu kunyit asam buatan sendiri.

6. Berbaring
Berbaring di tempat tidur atau sofa dapat mengurangi nyeri yang kamu alami, terutama kalau kamu sering mengalami nyeri di punggung pas lagi menstruasi. Beri bantal untuk menyangga lututmu, pejamkan mata, tarik napas panjang, buang perlahan. Lakukan terus seperti itu sampai kamu merasa nyaman.

7. Pijatan Lembut
Melakukan pijatan ringan pada perut bagian bawah bisa mengurangi nyeri atau kram yang kamu alami. Lakukan dengan lembut, usap ringan dengan telapak tanganmu di bagian perut bawah. Bisa juga dengan mengoleskan minyak kayu putih untuk memberi rasa hangat sekaligus aroma yang menenangkan.

Jadi itulah beberapa tips untuk mengatasi nyeri saat haid. Semoga tips kali ini bisa membuat aktivitas anda berjalan tetap lancar selama masa menstruasi. Punya tips lain untuk mengatasi nyeri haid? Silahkan bagi di kolom komentar!



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © jadi seru - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
Δ